PENEMU KAMERA PERTAMA DI DUNIA

Diposting pada
Tahu Kah Kamu ? – Abu Ali Al-Haytham adalah Penemu Kamera Pertama Diduia, ilmuan kebanyakan menyebutnya dengan panggilan Ibnu Al-Haytam atau Ibnu Haytam atau juga Ibnu Al-Hazen.Lahir di Basra. Iraq 965M ,Dikenal sebagai Polymath, yaitu istilah yang diberikan kepaa mereka yang menguasai berbagai macam ilmu.Beliau muslim timur tengah yang menemukan Kamera pertama di Dunia.Kamera berasal dari bahasa Arab, yaitu qamara, istilah itu muncul berkait kerja keras Ilmuan muslim satu ini.

PROFIL

Nama Lengkap             : Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham

Lahir                             : Kota Basra, Negara Iraq Pada Tahun 945 Masehi

Ilmu yang dikuasai       : sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.

KISAH HIDUP

Haytham dari muda  telah menjadi seo­rang yang mahir dalam berbagai bidang ilmu seperti sains, falak, matematika, geometri, pengobatan medis. Dalam Bidang Medis, pengaruh ilmuan asal Timur Tengah ini masih sangat berpengaruh Termasuk teorinya mengenai pengobatan mata masih digunakan  diberbagai Universitas di seluruh belahan dunia, terutama dunia barat.
Pada saat itu banya dari Ilmuan maupun cendikiawan Barat, menyebut Haytham sebagai Alhazen. Pertama melangkah karirnya Ia memulai pendidikan awalnya di Basrah sebelum diangkat menjadi pegawai pemerintah ditempat kelahirannya. Setelah beberapa lama bekerja dipemerintahan, Hatinya mulai terggah untuk menjelajahi dunia lain, Haytham pergi ke Ahwaz dan Mesir.Pada saat diperjalanan ke Ahwaz, Haytham berhasil membuat beberapa karya tulis yang luar biasa
KARYA

Dalam perjanan ke Ahwaz, Haytam membuktikan pandangannya apabila dia begitu ghairah mencari dan mendalami ilmu pengetahuan pada usia mudanya. Beberapa karya luar bisa berhasil ia ciptakan termasuk :
  1. Maqalah fi Istikhraj Simat al’Qiblah yang mengupas tentang arah kiblat bagi segenap rantau;
  2. M.aqalah fima Tad’u llaih mengenai penggunaan geometri dalam urusan hukum syarak dan
  3. Risalah fi Sina’at al-Syi’r mengenai teknik penulisan puisi.
  4. Al’Jami’ fi Usul al’Hisab yang mengandungi teori-teori ilmu metametik dan metametik penganalisaannya;
  5. Kitab al-Tahlil wa al’Tarkib mengenai ilmu geometri;
  6. Kitab Tahlil ai’masa^il al ‘Adadiyah tentang algebra;
Buah pemikiran Ibnu Haitham telah menyediakan landasan kepada perkembangan ilmu sains dan pada masa yang sama tulisannya mengenai falsafah telah membuktikan keaslian pemikiran sarjana Islam dalam bidang ilmu tersebut yang tidak lagi terbelenggu oleh pemikiran filsafat Yunani.

Baca juga : Penemu Mikroskop Pertama kali

Incoming search terms:

  • baca novel karya sandra brown

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *