ops1jpg.jpg

TUNJANGAN “PAHLAWAN” DATA SI OPERATOR SEKOLAH

Diposting pada
Dalam dunia pendidikan, tugas dan tanggung jawab Operator Sekolah semakin banyak dan berat, Operator Sekolah saat ini juga semakin menjadi ujung tombak keberadaan sekolah tersebut. Berbagai model pendataan yang semakin berkembang menuntut Operator Sekolah selalu bekerja ekstra untuk memenuhi permintaan pendataan yang ada. Operator Sekolah dituntut jeli dalam pengimputan, data sekolah maupun data PTK yang menyerahan sedikit “nasib” tunjangannya kepada Operator Sekolah. 
Sebagian besar Operator Sekolah yang notabene baru masuk dunia pendidikan, merasa kaget dengan upah yang bisa dibilang jauh dari tanggung jawab mereka.Apalagi ditambah syarat untuk mendapatkan tunjangan dan diakui sebagai PTK resmi sangatlah sulit dimasa sekarang ini.Contoh saja pembuatan Nomor Unik Pendidik dan Kependidikan atau disingkat NUPTK di haruskan mengikuti peratauran yang baru, yaitu berijasah S1, Memiliki SK Bupati atau Wali Kota dan syarat- syarat lain. 
TUNJANGAN PAHLAWAN DATA SI OPERATOR SEKOLAH mungkin tepat diberikan kepada “pahlawan data” sekolah ini
Tunjangan Profesi, Tunjangan Akademik, Tunjangan Profesi merupakan sekelumit dari berbagai Tunjangan yang diberikan Pemerintah saat ini, namun itu semua butuh syarat khusus, termasuk tadi NUPTK. Jika anda tidak memiliki berarti jangan harap anda bisa menikmatinya. Lantas bagaimana nasib Operator Sekolah ? apalagi banyak juga Operator Sekolah yang melanjutkan studinya untuk meraih ijasah pendidikan agar menjadi guru kelas, karena notabene peluang meraih gelar Pegawai Negeri Sipil dari jalur PGSD jauh lebih besar dari pada Operator Sekolah yang tak jelas kabarnya. Lalu bagaimana  dengan Tunjangan Akademik yang notabene dikhususkan untuk PTK yang sedang melanjutkan studinya, namun sekali lagi Operator Sekolah hanya bisa gigit jari dikarenakan syaratnya juga harus memiliki NUPTK. Guru dijuluki Pahlawa tanpa tanda jasa , namun Operator Sekolah juga bisa disebut Pahlawan Data.

Disaat para TUNJANGAN PTK yang yang diperkirakan cair akhir maret ini ( baca tunjangan profesi cair akhir maret 2015 ) , saat cek info ptk mungkin jadi moment yang indah bagi sebagian walaupun tak semua Operator yang merasakan “manisnya” duit Pemerintah lewat “cipratan” dari PTK-PTK yang keluar tunjngannya atas jasa kerja keras Operator Sekolah. Bicara masalah “manisnya” cipratan dari PTK banyak juga Operator Sekolah yang cuma bisa menelan ludah, disaat mereka bekerja keras mengimput data setelah tunjangan keluar malah di anggap tidak ada. Mungkin mereka menganggap Operator Sekolah hanya sedikit bahkan tidak sama sekali berkontribusi atas tunjangan mereka, tanpa Operator Sekolah pun tunjangan akan keluar.
Sabar,ikhlas dan teliti adalah moto kami dalam melaksanakan pekerjaan Operator Sekolah yang bisa dibilang dibayar dengan uang sabun.Operator Sekolah memang sabar ikhlas membantu PTK yang bersertifikasi maupun yang berkesempatan akan mendapatkan tunjangan lain. Namun apakah Operator tidak butuh lebih, butuh upah yang layak disaat ekonomi yang serba mahal seperti ini. TUNJANGAN OPERATOR MENJADI IMPIAN OPERATOR SEKOLAH SAAT INI
Jadi kapan Operator bisa mendapatkan upah yabg layak sesuai pekerjaan mereka ? entalah. namun kita tak henti hentinya berdo’a  dan terus berusaha semaksimal mungkin menjaga keVALIDAN data sekolah maupun PTK agar terciptanya pendidikan yang bermutu dan keharmonisan dengan PTK. Kami selalu sabar menghadapinya demi keutuhan hubungan antar manusia dan terciptanya generasi penerus bangsa yang bermutu.
Bangkitlah bangsaku, bangkitlah negeriku ,Bangkitlah kawan-kawan Operatorku dalam SALAM SATU DATA untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *